Isim Mufrad (Kata Benda Tunggal)


Isim Mufrad (Kata Benda Tunggal)

Isim Mufrod adalah ;
ما ليس مُثَنَّي ولا مجموعاً ولا ملحقاً بهما ولا من الأسماء الخمسة
Artinya : Isim yang bukan tatsniyah (bentuk dua), bukan jamak (banyak), bukan mulhaq (persamaan)  dari keduanya, dan bukan asmaul khamsah atau asmaus sittah.
Isim mufrad adalah isim yang digunakan untuk bentuk tunggal/satu, dan akan mempengaruhi terhadap fiil atau amil yang masuk padanya. Isim mufrad yang mu’rob (menerima i’rob) dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu :
1.      Berdasarkan Mudzakar dan Muannatsnya, dibedakan atas ;
a.       Isim Mufrad Mudzakar (Male), yaitu isim mufrad yang maknanya menunjukkan laki-laki, baik laki-laki secara hakiki atau laki-laki dalam lafadznya saja sedangkan dalam maknanya tidak jelas atau tidak punya jenis kelamin. Contoh :  محمد  (seorang Laki-laki yang bernama Muhammad), الله  (Alloh swt), lafadz alloh dihukumi mudzakar walaupun Alloh bukanlah seorang laki-laki, tetapi lafadznya menunjukkan mudzakar.
b.      Isim Mufrad Muannats (Famale), adalah isim mufrad yang maknanya menunjukkan seorang perempuan, baik perempuan secara hakiki atau perempuan dalam lafadznya (muannats Majazi). Contoh : فاطمة  (Muannats haqiqi),  شَمشٌ(maunnats majazi).
2.      Berdasarkan akhir kalimahnya, isim dibedakan menjadi ;
a.       Isim Mufrad shoheh akhir, yaitu kalimah isim yang akhirnya bukan berupa huruf ‘ilat (alif, ya). i’rob pada isim yang sohih akhir adalah jelas dan terlihat tanda i’robnya pada semua i’rob. Contoh :
Rofa’ : جَاءَ مُحَمَّدٌ
Nashob : رَأَيْتُ مُحَمَّدًا
Jer//Khofd : مَرَرْتُ بِمُحَمَّدٍ
b.      Isim Mufrad Mu’tal Akhir, dibedakan menjadi ;
                                                              i.      Isim Maqsur, adalah kalimah isim yang akirnya berupa alif, dan sebelumnya berharkat fathah. Tanda  I’rob dalam isim manqus adalah dikira kirakan pada huruf akhirnya.
Contoh :
Rofa’ : جَاءَ الْفَتَى
Nashob : رَأَيْتُ الْفَتَى
Jer//Khofd : مَرَرْتُ بالْفَتَى
Tanda i’rob dalam isim manqus adalah ; rofa ditandai dengan dommah muqoddaroh, Nashob ditandai dengan fathah muqoddaroh, jer ditandai dengan kasroh muqoddaroh.
                                                            ii.      Isim Manqus, adalah kalimah isim yang akirnya berupa ya, dan sebelumnya berharkat kasroh. Tanda  I’rob dalam isim manqus adalah dikira kirakan pada huruf akhirnya, kecuali pada i’rob nashob.
Contoh :
Rofa’ : جَاءَ الْقَاضِيْ
Nashob : رَأَيْتُ الْقَاضِيَ
Jer//Khofd : مَرَرْتُ بالْقَاضِيْ
Tanda i’rob dalam isim manqus adalah ; rofa ditandai dengan dommah muqoddaroh, Nashob ditandai dengan fathah, jer ditandai dengan kasroh muqoddaroh.
3.      Berdasarkan Menerima tanwin dan tidaknya.
a.       Isim Mufrad munshorif (Menerima tanwin)
Contoh : مُحَمَّدٌ، هِنْدٌ
b.      Isim mufrad Ghoer Munshorif (tidak menerima tanwin), Lihat penjelasan pada Isim Ghoer Munshorif
Contoh : عَائِشَةَ، عُثْمَانَ

Tanda I’rob pada isim mufrod adalah
Rofa : dhommah
Nashob : fathah
Jer : Kasroh (Kecuali pada isim munshorif)

 Wallahu a’lam bishawab.


Terima Kasih telah mengunjungi Nahwu Shorof Online Jika ada saran, kritik, pertanyaan, atau sanggahan, Silahkan tinggalkan komentar atau kontak kami

Bahasan Serupa :



Komentar :

ada 0 Diskusi ke “Isim Mufrad (Kata Benda Tunggal)”

Poskan Komentar

Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar

Berbagi Artikel

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites