Irob dan Macamnya

Pengertian Irob
Salah satu kekhususan dalam bahasa arab, adalah bahasa Arab memiliki irob yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya. Irob dalam bahasan ilmu nahwu menjadi tujuan utama, karena ilmu nahwu membahas tentang mu'rab dan mabninya suatu kalimah.
Irob adalah

هُوَ: تَغْييرُ أَوَاخِرِ الْكلِمِ لاِخْتِلاَف ِ الْعَوَامِلِ الْداخِلَة عَلَيهَا لَفْظاً أَوْ تَقْدِيراً

Artinya ; Irob adalah perubahan akhir kalimah yang disebabkan berbedanya amil yang memasukinya, perubahan tersebut ada kalanya dalam lafadznya atau perkiraannya.

Perubahan akhir kalimah adalah perubahan pada harkat akhir atau pada huruf tambahan diakhir, seperti pada lafadz  di bawah ini ;

جَاءَ حُسَيْنٌ، رَأَيْتُ حُسَيْنًا، مَرَرْتُ بِحُسَيْنٍ
جَاءَ الرجُلاَنِ، رَأَيْتُ الرجُلَيْنِ، مَرَرْتُ بِالرجُلَيْنِ


I'rob pada lafadz حُسَيْنٌ  adalah perubahan yang terjadi di akhir kalimah tersebut yang ditandai dengan berubahnya harkat nun. Sedangkan pada lafadz الرجُلاَنِ adalah perubahan huruf yang terjadi di akhir kalimah yaitu berubahnya Alif menjadi ya.
Perubahan - perubahan yang terjadi pada lafadz - lafadz di atas dikarenakan berbedanya amil (lafadz yang beramal) yang masuk. Amil yang beramal dan menyebabkan perubahan akhir kalimah/irab jumlahnya ada 100 amil.
Perubahan tanda i'rob ada yang terlihat (Lafdz), dan ada yang tidak terlihat tapi dikira-kirakan (muqoddar). hal ini disebabkan akhir dari kalimah tersebut. Jika huruf di akhir kalimah berupa huruf sohih maka tanda i'robnya jelas terlihat (Lafdz), tetapi jika huruf akhirnya berupa huruf 'ilat (alif, wawu, atau ya) pada umumnya i'rob kalimah tersebut adalah dikira - kirakan (muqoddar).

Macam - Macam Irob
1. I'rob Rofa (pada kalimah isim dan fiil)
Irob rofa adalah perubahan yang ditandai dengan Dhommah, wawu, alif, atau Nun
2. I'rob Nashob (pada kalimah isim dan fiil)
Irob Nashob adalah perubahan yang ditandai dengan Fathah, Alif, Ya, Kasroh, Hadzf Nun
3. I'rob Jer/ Khofad (pada kalimah isim saja)
Irob jer/khofd adalah perubahan yang ditandai dengan Kasroh, ya, atau Fathah
4. I'rob Jazm (pada kalimah fiil saja)
I'rob jazm adalah perubahan yang ditandai dengan Sukun atau membuang (membuang huruf ilat, atau membuang nun).

Wallohu a'lam bishowab.

Bahasan Serupa :



Komentar :

ada 2 Diskusi ke “Irob dan Macamnya”
Said Sadikin mengatakan...
pada hari 

Bagi pemula sulit untuk mengetahui post mana yang lebih dulu dibaca. Contohnya saya, banyak post tentang I'rob, sementara saya belum tahu apa itu I'rob. Jadi harus cari-cari mana kiranya post yang menyelaskan apa itu I'rob.
Jadi seandainya setiap post ada code urutan yang harus dibaca lebih dahulu dari yang lain, maka bagi pemula tidak sulit mengetahui post yang mana yang harus dibaca lebih dulu.
Semoga berguna saran ini.
Sukron.

Dede Wahyudin mengatakan...
pada hari 

Terima Kasih banyak atas sarannya, memang saya akui masih banyak kekurangan dari blog ini, untuk memudahkan pembaca rencananya saya mau susun daftar isi blog supaya lebih mudah, namun karena postingnya masih sedikit saya dahulukan untuk menambah postingnya dulu.
Namun, tentu saja blog ini hanya sebagai sumber referensi atau perbandingan, belajar Nahwu Shorof tidak cukup memahami dari blog saja, alangkah baiknya ada pembimbing yang mengarahkan.
Sekali lagi terima kasih atas sarannya.

Poskan Komentar

Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar

Berbagi Artikel

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites